SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN NATUNA PROVINSI KEPULAUAN RIAU

KADISHUB: Keselamatan Laut Tanggung Jawab Bersama

Menyikapi kasus kecelakaan di laut di Kabupaten Natuna beberapa waktu yang lalu, Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna mengharapkan agar sinergisitas antar stakeholder terkait lebih ditingkatkan. Mengingat dalam rangka untuk keselamatan di laut harus melibatkan dan merupakan tanggung jawab banyak pihak.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar, S.Sos, MA dalam rapat pembahasan tentang keselamatan di laut Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Natuna, Badan SAR Nasional (BASARNAS), TNI-AL, Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Natuna, Syahbandar Ranai dan Polairud Polres Natuna yang bertempat di Ruang Kadishub, Senin (13/08) kemarin.

Menurut Kadishub, kecelakaan di laut biasanya disebabkan beberapa faktor, baik itu faktor kelalaian manusia, kelaikan sarana prasarana maupun faktor cuaca. Oleh sebab itu, pihak yang berwenang agar lebih meningkatkan pengawasan bersama-sama.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III BMKG Ranai, Tri Widiarto, S.Si mengatakan bahwa untuk lebih mempermudah penyampaian informasi cuaca kepada masyarakat, khususnya yang beraktifitas di laut, pihaknya mengusulkan agar disediakan display info cuaca di beberapa tempat di Natuna agar lebih mudah diakses. “jika Pemda Natuna menyediakan displaynya, kami siap akan menyediakan konten info cuaca secara berkala.” Kata Tri Widiarto.

Sedangkan pihak BASARNAS dan TNI-AL sepakat mengharapkan pihak terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan dan Syahbandar agar kembali mendata secara administrasi kapal-kapal yang ada di Kabupaten Natuna agar mempermudah identifikasi dan pengawasan di laut. Hal ini diharapkan untuk lebih meningkatkan keselamatan di laut.

Dalam rapat tersebut, semua pihak yang hadir sepakat untuk lebih meningkatkan sinergisitas dengan lebih intensif lagi dalam komunikasi dan koordinasi. Mengingat pencegahan dan pengamanan di laut adalah tugas bersama dari beberapa unsur  yang ada.

Turut hadir  dalam rapat tersebut dari Kantor Meteorologi Kelas III BMKG Ranai, BASARNAS Kabupaten Natuna, Lanal Ranai, BAKAMLA Natuna, Syahbandar dan Polairud Polres Natuna. (Admin)