SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN NATUNA PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Dishub Natuna Siap Antisipasi Lonjakan Penumpang Lebaran 2018

Dinas Perhubungan Natuna berupaya antisipasi lonjakan penumpang mudik lebaran 2018, Koordinasi lintas sektoral akan segera dilakukan guna menjamin tersedianya transportasi darat, laut dan udara bagi masyarakat Natuna selama bulan puasa hingga lebaran 2018. Kepastian ini disampaikan Kadishub Natuna Iskandar DJ menjawab Gardanusantara Online, Selasa (03/03).
” Dinas perhubungan Natuna akan mengundang para pihak, untuk angkutan laut kita akan berkoordinasi dengan PELNI dan Komandan Lanal Ranai, kita minta PELNI untuk tidak mengalihkan rute kapal KM Bukit Raya dan tetap melayani jalur seperti biasa Tanjungpinang-Natuna-Pontianak, tetapi jika permintaan kita tidak terpenuhi maka kita upayakan koordinasi untuk meminta bantuan jajaran TNI AL untuk menggerakkan KRI guna mengcover lonjakan penumpang mudik 2018 nanti,” jelas Iskandar DJ.
Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di jalur udara dinas perhubungan jauh-jauh hari berkoordinasi dengan jajaran TNI AU melalui Jajaran Lanud Raden Sajad Ranai (RSA) Natuna, Satker Bandara Ranai dan Operator Maskapai penerbangan yang melayani Natuna.
” Untuk jalur Udara kita juga koordinasi dengan jajaran Lanud RSA Ranai, nanti kita rapat dengan Danlanud, Satker Bandara Ranai dan pihak maskapai yang melayani rute Natuna, biasanya pihak jajaran TNI AU akan menambahkan PAUM jika kekurangan armada pesawat seperti tahun-tahun sebelumnya, ” tambah Iskandar.
Pada mudik tahun 2017 lalu maskapai Sriwijaya Air mengajukan enam penerbangan tambahan untuk angkutan Mudik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Natuna.
“Sriwijaya mengajukan tambahan penerbangan ke Natuna untuk 16, 23, dan 30 Juni. Serta 7, 14, 21 Juli 2017,” kata General Manager Operasional Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, saat itu.
Hingga saat ini Sriwijaya sudah melayani penerbangan reguler dari Bandara Hang Nadim Batam menuju Ranai Natuna empat kali sepekan dengan Boeing 737-500. Rute tersebut juga dilayani Wings Air tiga kali sepekan dengan ATR72-500/600. selain dua maskapai tersebut untuk rute Natuna-Tanjunpinang PP dilayani EXpress Air 2 kali seminggu.
Sumber